Bangsa Monosodium Glutamat


drooling over food

drooling over food

Beberapa waktu lalu, saya sempat ngikik sendiri menyaksikan sebuah iklan penyedap rasa yang skenarionya begini;

Indonesia terkenal dengan negeri 1001 kuliner. Lalu makanan khas daerah dari Minang, Jawa, Betawi bertaburan dilayar bikin drooling dan ada dorongan kuat pengen ngemil dendeng balado.

Eh, ditengah-tengah iklan dibumbui dengan kalimat yang bikin perih dan sesak didada. Dinyatakan ada yang menyatukan kelezatan makanan nusantara ini, YAITU penyedap rasa SASA.

Aihhhhh, ini mah semacam ‘under-estimate’ yang dilakukan pihak SASA, atau entah apa yang ada dipikiran si copywriter and the team yang bertanggung jawab dengan isi iklan. Mungkin si SASA ini ingin meniru kesuksesan tagline teh botol sosro; ‘apapun makanannya, minumnya tetap teh botol sostro’. Bagi SASA, ‘dari daerah manapun asalnya, bumbunya tetap SASA’ … Yeeee…

Tagline teh SOSRO ini terbukti sukses. Dan sepertinya pihak agency tau benar kalau mau menjual sesuatu di Indonesia, maka permainkan emosi bangsa ini dengan hal-hal yang berbau ke-nasionalitasan. Karena faktanya, orang kita memang menderita haus pujian segala sesuatu tentang Indonesia.

Seperti tagline Indomie, Teh botol, kopi dan lain-lain yang meng-Indonesia.

Yang membuat saya ketawa ngikik dengan iklan tersebut??  Begini, belum ‘ditemukan’ SASA, masakan daerah-daerah tersebut udah lezat kok. Ge-er amat SASA merasa dengan sentuhan SASA masakan Indonesia menjadi enak dan nikmat. Dan Oh no, you’re just selling Monosodium Glutamat, belajar dulu sama my mom bagaimana cara meracik bumbu masakan Minang yang enak tanpa MSG.

Apa mungkin si copywriter dapat ide dari rumor-rumor gak jelas. Saat mulai menetap di Jakarta, saya sering mendengar kalau rumah makan Padang itu bumbunya GANJA, mangkanya enak dan bikin orang ketagihan. Nah,bisa jadi si copywriter dapat ide dari sini, Ganja disini maksudnya si SASA iniiii!!!!!

Yo’, puas rasanya berhasil membaca pikiran si copywriter.

Tahun 2011 lalu, saya pernah cerita ke salah satu teman Jerman yang cukup berpengetahuan dalam ‘drugs’, dan dia pula yang merekomendasikan saya nonton Tv show ‘Breaking Bad’.

Saya cerita ke dia, kalau ada rumor di Indonesia,- ganja bisa dijadiin bumbu masakan dan bikin masakan lezat.

Si teman Jerman ini ketawa.. Are you kidding me??

Saya menatap dia tanpa dosa dan berasa blo-on. Yah, itu lah rumor yang saya dengar selama hidup di Jakarta tentang masakan Padang. Rumor ini nggak akan pernah saya dengar selama hidup di Padang. Yang bikin rumor juga orang non-Minang.

Si teman Jerman bilang, ganja itu dimasak dan dicampur makanann juga nggak akan ngaruh ke makanan. Yang bikin orang mabuk dan jadi malas dari ganja itu; asapnya!!!!   Meskipun masih bingung, logikanya sih benar. Kalau ganja dijadiin bumbu masak palingan hanya mirip-mirip oregano, nggak terlalu berasa cuman ngasih aroma ‘beda’ aja ke spaghetty yang baru dibalurin minyak zaitun. Gue kalau bikin pasta suka naburin oregano dalam spaghetty, rasanya,.. seperti daun kering tapi enak ngeliatnya nggak datar kalau tanpa ornamen oregano.

Oh ya, orang Minang yang nggak pernah hidup di perantauan mungkin belum pernah dengar guyonan ini, rumah makan Padang bumbunya Ganja.

Dan di Singapore juga nggak ada rumor seperti ini, yang paling saya suka dengan RM.Padang di Singapore, makanannya dipesan dulu sesuai yang kita pinta. Sebenarnya bagus dan lebih hiegienis yang seperti ini sih, jadi nggak ada menu yang dicolek-colek lalu ditaroh lagi…, tapi tetap dengan metode ‘touch screen’, ditunjuk-tunjuk lewat kaca mau ayam pop atau gulai jengkol  :P

 (gambar ambil dari sini;https://www.google.com/search?q=indonesian+food&hl=id&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=q0A_Ucb2BOO4iQeL74G4DA&ved=0CAcQ_AUoAQ&biw=1241&bih=606)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s