Another Foreign Music, Jerman dan Belanda


HOPE

Jan Delay – Hoffnung (hope)

Pada awalnya, gue nggak begitu tau banyak tentang musik dari Jerman, namun.. beberapa bulan terakhir, I’m addicted to this song,  Hoffnung – Jan delay. Hoffnung berarti Hope dalam bahasa Jerman. Sekilas, musik ini ngingetin gue akan Bob Marley’s music.. Relax, and makes you high while smoking dope😛😛😛

Okay, bagaimana ceritanya gue bisa menemukan musik ini?? Sebelum gue berpisah sama si temen Jerman yang dari Berlin…. dia menyalin beberapa musik ke external harddisk gue. Sejak saat itu…. gue mulai mendengarkan his legacyy, banyak yang gue suka, terutama beberapa musik techno yang dia copy di external harddisk gue.

Dulu, waktu dekat sama teman Belanda, dia juga mengcopy musik Belanda ke external harddisk gue.. tapi, beda dari si Jerman.. Kebanyakan, musik techno dan sebagainya yang disalin ..berasal dari musisi Jerman. Sedangkan si Belanda, .. kita punya selera yang sama., kita sama-sama dengerin english music yang dunia internasional cukup familiar. Hanya ada beberapa musisi Belanda, Geus Meewis & Mario Borsato.. hihi.

Seperti di tulisan sebelumnya, orang Jerman sangat bangga sama produk dalam negri mereka, ..bangga dengan bahasa sendiri…. beginilah jadinya… musik-musik yang dicopy ke external harddisk gue…. 90 persen product of Germany…😛  ..

well okay, I’m quite easy with any kind of music and language… music is  universal language, yang penting nadanya.. artinya belakangan…. kalau gue bisa ngedengerinnya berulang-ulang.. pertanda gue suka musiknya…..

Jerman vs Belanda,… dua negara tetangga yang saling bersaing, tubuh besar yang rata-rata 180 cm keatas buat cowok…. sama-sama jago dalam sepak bola.. tapi kalau di amati, … karakter cowok Belanda vs Jerman jauh sangat berbeda… ; Berdasarkan pengamatan dan stereotypes gue>>

Cowok Belanda: .. hangat, welcome, ramah, sentimental, terbuka, cowok Belanda shaving their beard stiap hari,  ganti handuk tiap hari, punya selera humor dan flirty .. oops, mungkin lebih tepat ‘charming’ dan suka tebar pesonaaaaaaa…

Cowok Jerman: … dingin, kaku, dari luar hatinya kaya’ terbuat dari mesin aka robot  ( didalam sepertinya berhati baik) , cowok Jerman shaving their beard sekali seminggu dan bisa nggak shaving berminggu-minggu – , nggak ganti handuk tiap hari, sopan,… susah dimengerti jalan pikirannya… penuh misteri,  rada shy, , dan sepertinya bukan tipe flirty guy…

Jadi.. kalau ada dua orang cowok bule, mereka Jerman dan Belanda, cara ngebedakan mana Belanda dan Jerman…. cara menentukannya, coba liat yang beardnya masih tersisa.. he’s German! Orang Belanda, rata-rata bisa bahasa Jerman. Mereka belajar bahasa Jerman disekolah, sedangkan orang Jerman tidak belajar bahasa Belanda di sekolah Jerman.

Tujuan Belanda bisa menguasai bahasa Jerman, bukan faktor mereka cinta Jerman.., tapi lebih ke faktor ekonomi dan bisnis sepertinya. Secara, Jerman negaranya luas dan ekonominya cukup kuat… Kalau di Indonesia, kita mempunyai sifat colonial mentality or mental inlander, yang sangat bangga menggunakan bahasa-bahasa asing. Misal, Kalau menguasai bahasa Perancis, Jerman atau Belanda… selalu bangga menggunakan bahasa tersebut dengan sesama Indonesia*.

Berbeda dengan orang Belanda,… mereka hampir nggak menggunakan bahasa Jerman kecuali untuk berkomunikasi dengan Jerman. Bahkan gue telat tau, kalau temen Belanda gue menguasai bahasa Jerman….. Karna dia nggak pernah menggunakan dan memamerkan keahlian bahasa asingnya ke gue. Nggak pernah nyempil-nyempilin bahasa selain Inggris dan belanda dalam kalimat-kalimatnya.

Kalau gue amati, orang Belanda rada humble… mereka nggak suka lebay kaya’ orang Indo, nggak terlalu pamer kecerdasan dan kekayaan. Ada yang sedikit berbeda, .. bertamu kerumah temen Belanda.. pertama kali kita kerumahnya.. mereka senang mengajak kita keliling rumahnya.. ngeliatin kehebatan dan kebersihan rumahnya. Yang mungkin, kalau dibudaya kita… sikap ini terkesan pamer. tapi bagi mereka, it’s part of hospitality, membuat kita merasa enjoy dan nggak canggung di rumahnya.

Hal  lainnya, sikap Belanda ke Jerman.. rada mirip dengan sikap orang Indonesia ke Malaysia… Orang Indonesia, biasanya sedikit superior kalau disamakan dengan orang Malaysia… Orang Malaysia sering bilang, kita satu rumpun.. orang Indonesia sering nggak mau disamain bahasanya mirip bahasa Malaysia, sering sentimen sama Malaysia … Ternyata, nggak jauh beda sama sikap orang Belanda ke Jerman.

Dulu,  pernah nanya ke si temen Belanda… Sebagai orang Belanda, negara mana yang Dutch kurang suka.. sperti contoh, orang Indonesia jawabnya pasti sitetangga Malaysia.. Sitemen Belanda jawabnya, : JERMAN Menurut si temen Belanda, mereka nggak suka mentaliti Jerman.. Kalau gue ceritain, bakalan panjang lebar dan kesannya gue gosip yaaa😛 . Tapi stelah diselidiki, mengenal beberapa orang Belanda..dan menanyakan pendapat mereka tentang Jerman. Gak jauh beda sama kalimat-kalimat sitemen Belanda ini.

The point is, Orang Belanda nggak pernah suka disamakan sama orang Jerman. Orang Belanda merasa mereka lebih ‘asik’ daripada.. jerman yang ngebosenin😛😛 aha!!! Dan anehnya, kalau ditanya ke orang Jerman pendapat mereka tentang Belanda. Mereka malah nggak tau kalau orang Belanda sentimen berat sama mereka ..😀 … Salah satu temen Jerman gue yang pernah tinggal di Belanda bilang gini: “orang Belanda emang masih benci sama Jerman,.. gara-gara NAZI..  NAZI banyak ngancurin dan ngebunuh orang Belanda waktu WW II ….. “

Nggak adil sebenernya kalau kekejaman sejarah, generasi yang has nothing to do with it, harus kena akibatnya…. Kalau dilihat dari sejarah, nggak hanya Belanda aja yang dibunuh Nazi, … Perang dunia ke II membunuh 50 juta umat manusia baik tentara dan warga sipil. Dari Polandia sampai Yunani, Nazi merupakan sejarah hitam untuk Jerman.

13 thoughts on “Another Foreign Music, Jerman dan Belanda

  1. Jan Delay pernah ngerap loh sama si Özil hehe. *yateruskenapa*

    Klo menurut gw, cowo Jerman tuh rata-rata jokenya kasar dan rata-rata berisik klo udah ketemu sesama orang Jerman. Dan yang seperti lo bilang, orang Jerman klo udah ketemu orang yang bisa bahasa Jerman pasti biasanya asik ngobrol bahasanya sendiri *pengalaman hiks*. Dan emang bener tuh, Belanda sama Jerman musuhan, apalagi klo didunia sepak bola. Tapi emang kayanya berdasarkan orang-orang yang udah pernah ke kedua negara, pasti bilangnya orang Belanda lebih ramah dibanding orang Jerman. Tapi klo untuk masalah fun, kok gw ngerasa klo orang Jerman lebih seru ya? Seru dalam arti lebih suka party terus minum-minum gitu.

    Ah, jadi kangen nih ngobrol panjang lebar ngebahas topik A-Z sama lo😀

    • ah iyaaahhh ya.. ah harus cari di youtube ah, jan delay nge rap sama mezut ozil….. thanks infonya…..

      setujuh, nggak jokenya aja yg kasar … kalo ngasih pendapat, gak pake basa basi kaya’ kita… ember, kalo udah ketemu sesama mereka.. channel jadi berubah german speaking.. gak segan2 ngomong basa planet mana kita jadi kaya’ kambing mangut2 gak ngerti.. …. kita aja brusaha yah pake english kalo ada yg nggak ngerti indo…

      seru gimana… mungkin karna belanda hujan mulu…. gak bisa party2an kaya orang jerman yaaa… kalo gue perhatiin temen2 berlin gue.. tiap weekend dia party mulu….. mereka ada fusion festival yg isinya minum2 dan techno gitu… seru bgt hidupnya.. really enjoy life….

      ah tar bagi2 dong pengalaman jerman looo……. kalo ketemu2 lagiii….

      seru

  2. wkwkw😀 wahaha gajauh beda sama orang indonesia – malaysia..

    aku sih belum pernah tau kalo aslinya kaya gimana..
    tapi kalo masalah cinta kaya begimana sih orang jerman?? suka selingkuhkah?? ~.~
    kalo kira kira tau ehhe ada something yang bersangkutan dengan itu hihi
    *bhaha kaga nyambung sama tema:/
    just ask ajaa🙂

    • @rianti, .. maksud gak jauh beda sama Malaysia vs Indonesia, …belanda sentimen bgt sama Jerman, sama ama kita sangat sentimen sama Malaysia… hehehe, begitu yg gue tangkap…

      Menurut pengamatan dan ‘stereotype’ gue; cowok jerman itu kaku dan dingin, … beda sama cowok belanda yang hangat dan ‘charming’…. tapi jujur aja, kekakuan sometimes rada boring..

      kalo suka selingkuh… hihihiii…. sejauh yg gue tau, karena sifat kaku,misterius dan dinginnya itu.. agak susah mengamatinya,… ditambah kayanya cowok jerman rada shy.. tapi kalo cowok jerman udah mau curhat sama kita brarti kita udah masuk their ‘circle of friends’ … mereka nggak kaya’ orang Indonesia yang open dan easy to get along with… susah masuk ke lingkungan orang jerman kayanya dangan cara dia ngejaga jarak dengan orang asing atau not really friends

      ada juga banyak yg bersifat, im the right.. dan ignorant sama bdaya orang… pengeluh

    • Pernah dulu baca novel Agatha Christie, lupa judulnya… settingnya sedang perang dunia ke 2..dan salah satu tokohnya ngegambarin keadaan mengerikan di Polandia saat Nazi. Syerem.

  3. wah..tentang the dutch man gw setuju bgt. Kebetulan gw punya tmn dr belanda & juga. Dan yg loe tulis tu pas bgt. Tapi gwe sih lebih suka sama temen gw yang jerman.krn mereka lebih apa adanya n sopan pastinya. Yg gwe gk hbs pikir kenapa tmn gwe yg dr UK jjuga gak suka sama si jerman ini. Meski hal itu gak di lihatkan di depanya sih…ummm..np yea..???

    • aku juga punya temen inggris yg sering make fun sama Jerman, kaya’ bahasa jerman yg kaya’ orang ngomong dengan mulut penuh kentang rebus… Mungkin karena Jerman gak gitu ngomong Inggris di negara nya, kaya’ semuanya diddubbing dalam bahasa mereka, sama Prancis, Inggris juga sering sinis2an…. mungkin sih….. lalu bagi orang Inggris, jokes orang Jerman terlalu kasar bagi mereka Inggris yg kurang straightforward… kalau jerman dan belanda level ke blak-blakannya sama..🙂

      senang ternyata gak aku sendiri yg ngestereotype jerman-belanda begini..🙂

  4. Belanda dan Jerman memang 2 negara yang entah mengapa dan bagaimana aku punya suatu ikatan dengannya. Yah mungkin ini karena waktu lahir hingga umur 3 tahun aku tinggal di bangunan Belanda, sehingga saat ini tiap liat bangunan belanda, serasa bagian dari hidupku.

Leave a Reply

