Episode 13: Enkhuizen Trip


Minggu pertama di Belanda, gue melakukan perjalanan yang cukup jauh dari Utrecht menuju Einkhuizen. Hampir 2 jam dengan perjalanan kereta dari Utrecht Centraal, transit di Amstredam Centraal.

Einkhuzen

Berdua dengan teman dari Taiwan, kita menjelajah Zuiderzee museum berlokasi di kota Einkhuizen ini.

Zuiderzee Museum merupakan open air museum, I highly recommended you guys to visit this museum someday when you are in The Netherlands. it’s the best museum I’ve seen entire my life!! I bet you might like it.. Believe me!! To see it more further, just stay tuned on this entry, scroll down then I’ll elaborate some stories I brought from this museum journey.

Zuidezee Museum

Dimasa lalu, penduduk yang hidup di Zuiderzee sangat tergantung dengan kehidupan laut. ‘kehidupan nelayan’ adalah income utama dari penduduk disini pada abad ke 17, The East Indian Shipping Company membawa kesejahteraan dan kemakmuran pada kawasan ini.

Museum ini merupakan outdoor dan indoor museum, berdasarkan pengalaman gue.. untuk mengunjungi museum ini dibutuhkan waktu lebih dari 5 jam. Karena gue dan teman dari Taiwan, menghabiskan waktu 5 jam menjelajah museum ini. Padahal kita hanya sempat menjelajah outdoor museum, yang gedenya sekelurahan.

Open Air Museum

Dutch Life style in the past

Jadi, apa yang terlihat dimuseum yang luasnya sekelurahan ini adalah bentuk desa nelayan dari desa Zuiderzee, dan dibawa ke Einhuizen. Bayangkan deh, tiap dinding demi dinding dari desa Zuiderzee diangkut, bongkar pasang dan jadilah museum ini, lengkap dengan kincir angin, gereja, perkuburan dan sebagainya… benar-benar seperti desa!!

In the open-air museum the focus is on the period 1880-1932. This section of the museum evokes the atmosphere of an old Zuiderzee town.

Foto diatas adalah bagian dalam rumah-rumah penduduk dimuseum ini, lengkap dengan aktor-aktornya… jadi biasanya kita hanya melihat mannequine dimuseum yang ini aktor benaran, lengkap dengan kostum tradisionalnya.

Dan gue sempat berbincang-bincang dengan para aktor ini, mereka cukup ramah.. bertanya where do we come from, mungkin karena hampir nggak ada pengunjung Asia dikawasan ini. Lalu masing0masing kita menjawab, from Taiwan and Indonesia.

Dan salah satu mereka menjelaskan, kenapa dinding-dinding dalam rumah dicat dengan warna biru, yang menurut penuturannya karena warna biru bisa mencegah dinding dari serangga dan sebagainya. sedangkan, bagian luar rumah beberapa meter dari tanah dicat dengan warna hitam untuk water magement, yang jujur gue juga kurang mengerti.Mungkin ada yang paham??

Di museum ini terdapat; apotik, gereja, kuburan, toko bon-bon, binatu, kafe, bakeri dan gue juga sempat istirahat dikafe ini untuk segelas koffieverkeerd dan sejenis cake khas belanda yang rasanya manis dan gurih. Wah, enaknya.. ditambah hari itu dingin dan hujan mengguyur Belanda dan sekitarnya.

 

Dan akhirnya, kesampaian juga cita-cita befoto dengan sapi-sapi lucu belanda.

4 thoughts on “Episode 13: Enkhuizen Trip

  1. kota’a masih asri bgt..
    pasti adem neh…..
    sapi’a juga keurus keliatannya….🙂

    TOP negara’a TOP yang buat blog’a…
    ehheheheheh

    • thanks yah buat komennya…iyahh.. sapinya motifnya itu lucuu… gue punya boneka sapi lucu kaya gitu soalnya dulu waktu masih kecil.. sikomo… ckkk ckk…….

      suka sama sapi2nya.. gag tau kenapa gue bisa suka sama sapi yg ada dikotak susu… ini dimuseum , ntar kalo kamu ke belanda.. u must visit this place… bawa cewek cantik yaaa… enak buat pedekate nih tempat…. ckkk ckkkk

      • wakkakakakka
        bagus neh k….
        di angkat jadi film lucu neh cerita’a..
        ehheheh🙂

  2. Pingback: Episode 15: Delft Trip or Rondvaart Delft « my unspoken minds

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s