Episode 4: Tentang Summer Course


Utrecht Summer Course

Topiknya berjudul; Dutch Culture and Current Issues. Di dalam program ini kita dikenalkan pada sejarah, ekonomi, politik dan budaya Belanda. Hari ini, kita belajar tentang water management di Belanda serta menyaksikan sebuah film dokumenter dari National Geographic tentang bagaimana Belanda mengatasi water management mereka untuk mencegah bencana banjir seperti pada tahun 1953 tidak akan terjadi lagi.  Pada tahun 1953, Belanda pernah mengalami bencana nasional yang memakan ribuan korban. Delta work adalah bentuk teknologi mereka dalam water management.

Kalau dikelas internasional, biasanya… mahasiswa dari India selalu aktif dalam diskusi, waktu si dosennya bertanya bagaimana water management in your home country,… 2 orang murid dari India menceritakan bagaimana kegagalan dan mismanagement dinegara mereka. Yang mengakibatkan pada moonsoon India selalu rentan terhadap banjir.

Sedangkan gue, murid dari Indonesia.. hanya bisa tertunduk lesu dan berharap pendapat gue nggak akan ditanyakan, ‘apa khabarnya water management dinegara Indonesia ?’  … he he he…  Terlalu panjang dan melelahkan untuk diceritakan….. Tahun-tahun terakhir ini, hampir satu dekade, Jakarta sudah punya nama keren yang lain. Seperti; Venesia dari Timur disaat hujan  lebat melanda, dan nama lain yang tidak kalah keren adalah; Jakarta Water Park. Impian untuk mendirikan MRT(kereta cepat bawah tanah) mungkin bisa disubtitusikan ke Kapal Selam Express😉

Angkat topi buat Belanda, mereka tidak pernah menyerah dengan ketidak ramahan alam pada negri mereka. Mereka berusaha untuk berdamai dengan hujan dan badai yang awalnya musuh negara dataran rendah ini dengan proyek-proyek water management yang canggih. Mentaliti yang patut ditiru, tidak banyak berbicara, merengek dan mengeluh tapi berpikir dan bertindak untuk mengatasi masalah.

Belanda, below sea level country

Percaya nggak, ini adalah Lounge di salah satu kampus summer course Utrecht.😉

coffeeshop

Pada course ini, kita juga membahas soft-drug atau legalisasi Marijuana di Belanda yang bisa dikatakan ini sangat ekstrem bagi negara-negara lain. Belanda, melakukan legalisasi soft-drug adalah untuk mengontrol drug itu sendiri dinegara mereka. Penggunaan soft drug ini juga tidak sembarangan, mungkin bagi yang tidak tau..akan mengira penggunaan marijuana bisa dimana saja selama itu di Belanda. Pandangan yang cukup keliru, mereka menamakan ‘Coffeeshop’ dengan tanda kutip dimana marijuana bisa dijual dalam jumlah tertentu. Dan, menurut data statistik, bukan orang Belandalah  yang mendominasi untuk nonkrong dicoffeeshop ini, melainkan turis-turis dari negara tetangga terutama Inggris.

Nah lho, berarti hal ini merupakan bentuk income pariwisata negara dong?? Ha ha, tanyakan pada rumput yang bergoyang…. Ckk.. ckk..

Gue lebih percaya dengan konsep, ‘semakin sesuatu itu dilarang, semakin penasaran seseorang untuk melakukan atau mencobanya. Yang penting adalah kebebasan bertanggung jawab. Ibaratnya seorang ibu, mendidik anaknya dengan cara bijaksana, menyuruh anaknya untuk berpikir sendiri apa efek positif dan negatif dari tindakan mereka, bukan mendidik secara otoriter kamu tidak boleh begini begitu tanpa alasan yang ilmiah.’

Bagi pemerintah Belanda, Marijuana bukanlah hal yang legal atau illegal. Tapi mereka cukup toleransi dengan masalah ini.

10 thoughts on “Episode 4: Tentang Summer Course

  1. hahahaha venesia dari timur, namanya sih keren tapi kenyataannya mah ga sama sekali! tapi singapur aj sekarang udah sering banjir walaupun pas malemnya sih airnya udah surut. btw, emang di sana marijuananya berapaan?

    • global warming, di Belanda mereka mendesain rumah yg bisa mengapung, … pertanyaan bagus marijuana brapaan… mo nitip ? hahaha…. belom gue check ke coffee shop, takut kesana.. kayanya turist2 aja deh yg kesana..

  2. Pingback: Tweets that mention Episode 4: Tentang Summer Course « my unspoken minds -- Topsy.com

  3. bagus tuh wacana jakarta waterpark.. hehe….
    untung bukan orang jakarta, jadi blom pernah ngalamin kebajiran di jakarta (tapi klo di bandung sering😆 )

  4. Nice observation ! Semua ngga dilarang di Belanda, tapi dibatasin. Saya pernah punya teman orang Inggris yang salah kaprah, sambil jalan-jalan dia bertanya, kok di sini ngga ada bau ganja? Saya heran, ternyata dia pikir di Belanda dimana-mana bau Ganja, hahaha. Cuma di tempat turis yang bau ganjanya menyengat. Have “Gezellig” time in Utrecht Rahma. Sampai ketemu di jalan.

  5. marijuana, in coffee shop? wow…. Belanda memang unik..
    Ternyata film Eurotrip yang ngambil salah satu suasana kafe di Belanda gak salah…

  6. “Jakarta sudah punya nama keren yang lain. Seperti; Venesia dari Timur disaat hujan lebat melanda, dan nama lain yang tidak kalah keren adalah; Jakarta Water Park. Impian untuk mendirikan MRT(kereta cepat bawah tanah) mungkin bisa disubtitusikan ke Kapal Selam Express ”
    i ilike this sentence k…….

    hihihhhihih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s